Workshop dan Review RPS Prodi PIAUD STAINU Purworejo: Menyoroti Pembelajaran Tematik dan Efektif
Purworejo, 5 September 2023 – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAINU Purworejo telah menyelenggarakan workshop dan review Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ganjil pada Senin, 4 September 2023.
Proses pembelajaran di Prodi PIAUD dilakukan secara interaktif yaitu komunikasi pembelajaran secara dua arah, terlibat dan responsif antara dosen dan mahasiswa serta sifat interaktif digunakan untuk pemilihan media pembelajaran. Pada tema kegiatan kali ini, PIAUD STAINU Purworejo fokus pada penerapan pembelajaran tematik dan strategi pengajaran yang efektif.
Pembelajaran tematik yaitu perkuliahan yang dilaksanakan dengan memasukkan tema isu-isu kontemporer dalam materi.Sedangkan pembelajaran efektif yaitu dengan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran sebagai kebutuhan generasi masa kini sehingga pembelajaran berjalan dengan menyenangkan dan mencapai capaian pembelajaran.
Workshop ini dirancang untuk mengeksplorasi dan mengembangkan RPS yang mendukung metode pembelajaran tematik, di mana materi ajar diorganisir berdasarkan tema-tema besar yang relevan dan menarik bagi anak-anak. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih terpadu dan kontekstual, serta meningkatkan efektivitas pengajaran di kelas.
Ibu Nurjanah, S.Sos,.I., M.Pd, Ketua Prodi PIAUD STAINU Purworejo, membuka acara dengan menjelaskan pentingnya pembelajaran tematik dalam konteks pendidikan anak usia dini. “Pembelajaran tematik memungkinkan anak-anak untuk memahami konsep-konsep yang saling terkait dalam konteks yang lebih luas, membantu mereka mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman sehari-hari mereka. Ini juga berpotensi membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna,” ungkapnya.
Selama workshop, peserta mendapatkan kesempatan untuk mendalami cara merancang dan menerapkan RPS berbasis tematik. Sesi review RPS menjadi platform bagi peserta untuk mendiskusikan dan mengevaluasi RPS yang ada, memastikan bahwa pendekatan tematik yang diadopsi dapat diterapkan dengan efektif dalam praktik pembelajaran. Diskusi juga difokuskan pada strategi untuk meningkatkan efektivitas pengajaran, termasuk penggunaan metode dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak-anak.
Dosen dan praktisi yang hadir berbagi pengalaman mereka mengenai tantangan dan solusi dalam menerapkan pembelajaran tematik. Beberapa tantangan yang diidentifikasi termasuk penyesuaian tema dengan kurikulum yang ada dan pengembangan materi ajar yang dapat diadaptasi untuk berbagai tingkat perkembangan anak. Namun, mereka juga melaporkan keberhasilan yang signifikan dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar anak-anak.
Acara ini ditutup dengan komitmen untuk terus memperbarui dan menyempurnakan RPS, dengan penekanan pada integrasi pembelajaran tematik yang lebih baik dan strategi pengajaran yang lebih efektif. Para peserta sepakat bahwa dengan penerapan prinsip-prinsip ini, Prodi PIAUD STAINU Purworejo dapat menyediakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan berdampak positif pada perkembangan anak-anak.
Dengan upaya berkelanjutan untuk mengembangkan kurikulum yang inovatif dan efektif, Prodi PIAUD STAINU Purworejo berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, serta mempersiapkan generasi masa depan dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk menghadapi tantangan kehidupan.
Kjz