Prodi PIAUD Melakukan Workshop dan Review RPS
Purworejo, 28 Agustus 2024 – Prodi PIAUD melakukan workshop dan review RPS sebagai upaya menjaga kualitas RPS agar memiliki sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan berpusat pada mahasiswa. Kegiatan workshop dan review RPS diinisiasi oleh KaProdi PIAUD dan Wakil 1 Bidang Akademik satu minggu sebelum perkuliahan dimulai. Proses pembelajaran di
Prodi PIAUD dilakukan secara interaktif yaitu komunikasi pembelajaran secara dua arah, terlibat dan responsif antara dosen dan mahasiswa serta sifat interaktif digunakan untuk pemilihan media pembelajaran.
Pembelajaran holistik yaitu pembelajaran yang mengakomodasi potensi, minat, bakat dan gaya belajar mahasiswa. Sehingga dosen menerapkan metode pembelajaran bervariasi guna memaksimalkan pemahaman mahasiswa terhadap seluruh materi yang disampaikan. Pembelajaran integratif yaitu dosen menghubungkan hasil penelitian dan PkM dalam proses pembelajaran. Pembelajaran saintifik yaitu pembelajaran yang mengambangkan nalar kritis dalam memahami pengetahuan agama islam. Pembelajaran kontekstual yaitu dosen mengupayakan setiap mahasiswa mampu menangkap makna setiap pelajaran yang diterima dengan mengaitkan informasi yang baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki mahasiswa. Pembelajaran tematik yaitu perkuliahan yang dilaksanakan dengan memasukkan tema isu-isu kontemporer dalam materi. Pembelajaran efektif yaitu dengan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran sebagai kebutuhan generasi masa kini sehingga pembelajaran berjalan dengan menyenangkan dan mencapai capaian pembelajaran. Pembelajaran kolaboratif yaitu pembelajaran yang menstimulasi mahasiswa dapat saling bekerjasama dan mampu belajar dalam kelompok misal dengan metode diskusi dan berbasis proyek. Pembelajaran berpusat kepada mahasiswa yaitu pembelajaran aktif dimana mahasiswa terlibat secara fisik dan atau psikis selama proses pembelajaran dengan menerapkan strategi active learning.