BeritaKegiatan

Parenting TK Islam Asy-Syams Seren Gebang Purworejo Bersama Mahasiswa PIAUD STAINU Puworejo

Pada hari Rabu, 22 Mei 2024 mahasiswa PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) STAINU Purworejo semester 4 membantu kegiatan parenting di TK Islam Asy-Syams Seren Gebang Purworejo Bersama narasumber yaitu Ibu Nurjanah, S.Sos.I., M.Pd. kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Asy-Syams milik Lembaga sendiri. Adapun dalam kegiatan ini kami juga didampingi beberapa dosen dari STAINU Purworejo sendiri, yaitu Bapak Abdul Aziz, dan Bapak Najanuddin, S.Pd.I., M.Pd.I.

Parenting ini bertemakan “Sadari Dampak Bullying Terhadap Mental dan Perkembangan Anak”. Tema ini diambil sesuai dengan kebutuhan dari Lembaga Sekolah, yakni maraknya bullying yang terjadi terhadap peserta didik baik itu dilingkungan rumah maupun sekolah. Sehingga para pendidik merasa khawatir terhadap perkembangan mereka. Dan berakhirlah kami musyawarah Bersama sehingga terlaksanalah kegiatan parenting ini. Harapannya, dengan dilaksanakan parenting ini dapat menjadi salah satu cara menurangi terjadinya bullying dilembaga tersebut. Sehingga anak-anak akan lebih merasa aman dan nyaman dalam bersekolah dan dapat dengan maksimal dalam mengembangkan kemampuan mereka.

Dalam kegiatan ini, kami para mahasiswa membantu Lembaga dalam menjalankan parenting, dari mulai tempat, konsumsi, acara, dsb. Ini juga sebagai salah satu wujud hasil belajar kami pada mata kuliah “Manajemen Humas” yang diampu oleh beliau Bapak Abdul Aziz.

Parenting ini dihadiri oleh wali murid TK Islam Asy-Syams yang sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Kegiatan ini dibuka oleh MC yaitu Farah Amalia Khasanah. Selanjutnya pembacaan Al-Quran oleh Siti Fatonah. Selesai pembacaan Al-Quran, dilanjutkan sambutan dari perwakilan mahasiswa PIAUD STAINU Purworejo, Fitriah. Dalam hal ini disampaikan permohonan maaf Ketika tidak maksimal dalam membantu kegiatan serta permohonan ziyadah doa untuk kami para mahasiswa yang sedang belajar di SAINU Purworejo. Setelah itu juga dilanjut sambutan dari dosen pengampu, Bapak Abdul Aziz.

Pada acara inti, yaitu penyampaian materi dari narasumber, beliau Ibu Nurjanah, S.Sos.I., M.Pd. memaparkan berbagai pengetahuan terkait bullying mulai dari pengertian, jenis, prosentase baik di Indonesia maupun luar negeri, macam-macam, hingga dampak terhadap anak yang tentunya sangat berbahaya. Beliau juga memaparkan beberapa contoh yang sudah terjadi baik dari anak usia dini maupun orang dewasa. Untuk itu beliau menghimbau, agar kita selaku orang dewasa dapat membimbing anak didik maupun anak sendiri dengan lingkungan penuh suka cita dan kalimat maupun perilaku positif, karena sesuai dengan tri pusat Pendidikan dari Ki Hajar Dewantara yaitu “orang tua, sekolah, dan lingkungan” yang sangat memberikan pengaruh besar dalam perkembangan anak usia dini. Dalam penyampaian materi ini, narasumber juga mempersilakan kepada perwakilan mahasiswa yaitu Ni’matul Barroh Taqiyya dkk untuk membawakan lagu berkaitan bullying dan juga icebreaking. Yang terakhir ada juga ada  sambutan dari Bapak Najanuddin, sekaligus juga menyampaikan beberapa point terkait perkembangan anak usia dini. Kemudian acara ditutup dengan foto Bersama, baik dari pihak Lembaga, dosen, mahasiswa, maupun wali murid.

Penulis: Ni’matul Barroh Taqiyya